1. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Pemasaran Multi-Saluran: Omnisend
Omnisend melayani bisnis e-commerce karena kemampuannya dalam pemasaran multi-saluran, menempatkan semuanya di satu tempat, dengan beberapa saluran dalam satu alur kerja otomatisasi, termasuk:
- Pemasaran SMS
- Pemasaran media sosial
- Pemasaran email
Dengan Omnisend, Kita dapat dengan mudah membuat email menggunakan berbagai templat dan alat penyuntingan drag-and-drop untuk pemasar baru dan pemula. Otomatisasi yang telah dibuat sebelumnya untuk bisnis berskala besar, sehingga memudahkan pengaturan alur kerja otomatis untuk menghemat waktu dan mendorong penjualan.
Perangkat lunak pemasaran email ini juga dianggap hebat dalam membantu Anda meningkatkan konversi dengan menggunakan berbagai tambahan informatif (seperti PDF).
Fitur Utama
Fitur-fitur penting dalam solusi pemasaran email Omnisend meliputi:
- Template email yang telah dibuat sebelumnya dan 100 persen dapat disesuaikan untuk email yang menarik tanpa perlu coding atau pengetahuan email tingkat lanjut.
- Alur kerja yang membantu Anda mereplikasi strategi email yang menghasilkan konversi teratas.
- Munculan prospek yang meningkatkan ROI.
- Dasbor analitik untuk memperbaiki kesalahan dan mengidentifikasi peluang.
- Otomatisasi yang telah dibuat untuk Permintaan Tinjauan, Permintaan Tindak Lanjut, dan diskon.
- Kita dapat mengelompokkan audiens berdasarkan ulasan produk yang dikirimkan pelanggan menggunakan metrik seperti peringkat, judul, nama, teks, dan atribut produk.
2. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Pengguna Gratis: MailChimp
MailChimp terkenal dengan perangkat pemasaran emailnya, tetapi juga merupakan platform CRM lengkap yang memungkinkan Kita mendesain halaman, formulir pengambilan email, dan banyak lagi. Berbagai fiturnya membantu bisnis tetap terorganisasi dan menjalankan strategi pemasaran.
Namun, perlu diingat. MailChimp memiliki batasan pada jumlah daftar yang dapat Anda buat dan seberapa akurat Anda dapat mengelompokkan audiens.
Fitur lainnya termasuk integrasi dengan Facebook dan X, SurveyMonkey, Canva, dan lebih dari 300 lainnya yang dipersonalisasi untuk membantu Anda.
Fitur Utama
Beberapa fitur utama platform MailChimp adalah:
- Ratusan integrasi (untuk situs seperti Shopify).
- Rangkaian produk CRM berupa alat otomatisasi, penargetan perilaku, dan banyak lagi.
- Pemesanan janji temu.
- Otomatisasi pemasaran, seperti iklan penargetan ulang dan email transaksional.
- Perjalanan pelanggan dan pembangun email.
- Alat analisis untuk pemasaran email seperti pengujian A/B, kinerja kampanye, dan banyak lagi.
- Alat AI untuk pembuatan dan pengoptimalan konten, asisten kreatif untuk grafis.
3. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Segmentasi: ActiveCampaign
ActiveCampaign adalah salah satu solusi pemasaran email terbaik untuk menjual produk ke banyak target audiens yang berbeda.
Pelanggan menjadi lebih selektif dengan menggunakan “[Nama]” di awal email yang tidak efektif. Active Campaign memungkinkan segmentasi (membagi daftar email Anda berdasarkan kriteria tertentu seperti demografi, minat, perilaku pembelian, atau tingkat keterlibatan). Dengan cara ini, Anda dapat menulis salinan yang sesuai dengan masalah spesifik seseorang dan mengatasinya secara pribadi .
Kemampuan segmentasinya memungkinkan Kita dengan mudah memisahkan kontak Anda ke dalam daftar dan menyesuaikan pemasaran Anda.
ActiveCampaign membantu Anda mengatur daftar, menargetkan secara efektif, dan membuat email yang berkonversi.
Fitur Utama
Berikut adalah beberapa alat pemasaran email yang ditawarkan ActiveCampaign:
- Alat Desainer Email yang mudah digunakan memungkinkan Anda mendesain dan menulis email yang ditujukan untuk audiens tertentu. Alat ini menyediakan antarmuka drag-and-drop, templat yang telah dibuat sebelumnya, dan opsi desain lainnya.
- Personalisasi email berdasarkan berbagai variabel segmentasi audiens, seperti keranjang belanja.
- Pengujian A/B untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak.
- Pembuat halaman arahan.
- Buat CTA yang dinamis
- Rancang email dan akses CRM
4. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Meningkatkan Skala: Drip
Drip adalah salah satu alat pemasaran email yang paling direkomendasikan. Paket-paketnya melayani bisnis dari segala ukuran, sehingga Anda dapat meningkatkan skala dengan bertambahnya jumlah pelanggan aktif dan jumlah email yang Anda kirim dalam sebulan.
Jika Anda hanya “mencoba-coba” pemasaran email, Anda dapat memulai dengan Drip. Jika Anda sudah memiliki daftar 10.000 pelanggan email yang ingin Anda gunakan, jangan khawatir. Mereka juga punya rencana untuk Anda.
Dengan kemampuan otomatisasi, opsi segmentasi tingkat lanjut, dan analisis terpadu, Anda dapat secara efisien mengelola basis pelanggan yang terus bertambah seiring skala bisnis Anda.
Fitur Utama
Solusi pemasaran email Drip meliputi:
- Templat dan fitur drag-and-drop di editor.
- Wawasan data menyediakan otomatisasi berbasis perilaku.
- Alat desain email.
- Layanan pelanggan terdepan di industri.
- Otomatisasi untuk menjalankan strategi pemasaran multisaluran dan berkelanjutan.
- Integrasi dengan Shopify Plus, Facebook Custom Audiences, dan Strip.
- Alat segmentasi.
- Buku pedoman yang telah dibuat sebelumnya dan pengujian A/B.
5. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Desain Email: Stripo
Stripo adalah pembuat email marketing yang dirancang untuk terintegrasi dengan platform lain seperti GetResponse dan MailChimp. Stripo memungkinkan pengguna untuk mengakses templat yang menarik dan membuat pesan pemasaran sesuai merek.
Dengan lebih dari 1500 templat HTML gratis yang dibuat dengan cermat oleh para profesional dan desainer tamu, keindahan platform ini terletak pada pilihan templat dan antarmuka yang mudah digunakan untuk menyesuaikannya.
Fitur Utama
Beberapa fitur utamanya adalah:
- Ribuan templat dalam paket berbayar.
- Pilihan HTML bagi mereka yang bisa coding.
- Integrasi dengan alat untuk otomatisasi pemasaran email.
- Tata letak yang fleksibel.
- Mendukung format gambar GIF, JPG, dan PNG.
- Gambar stok dan penyimpanan gambar gratis.
- Kode dan editor foto.
- Kustomisasi font.
6. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Generasi Prospek: OptinMonster
OptinMonster menggambarkan dirinya sebagai “platform percepatan pertumbuhan dan pemaksimalan pendapatan terbaik.” Rangkaian alatnya bertujuan untuk membantu bisnis menghasilkan prospek, meningkatkan penjualan, dan mengembangkan daftar email.
Optimonster adalah salah satu opsi terbaik bagi bisnis yang ingin menghasilkan prospek hanya karena fleksibilitas kampanye yang dapat Anda jalankan. Contohnya termasuk popup exit-intent, floating bar, atau slide-in layar penuh.
Fitur Utama
OptinMonster dilengkapi dengan sejumlah alat pemasaran email, termasuk:
- Template drag-and-drop.
- Integrasi yang luas.
- Email yang dibuat menjadi game.
- Pengeditan HTML dan Java.
- Tag pintar dan aturan penargetan.
- Penjadwalan lanjutan.
- Kolaborasi tim.
- Integrasi satu klik dengan alat pemasaran email dan perangkat lunak CRM.
7. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Kontes dan Promosi: Wishpond
Wishpond adalah salah satu alat pemasaran email terlengkap. Wishpond memiliki integrasi untuk e-dagang, pemasaran email, dan otomatisasi.
Aplikasi ini juga memiliki pembuat halaman yang komprehensif dan dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk promosi, dan dasbor untuk menerapkan pertumbuhan media sosial ke dalam pemasaran emai.
Alat ini juga menawarkan formulir daring bagi Anda untuk mensurvei audiens dan menanyakan apa yang ingin mereka lihat atau dengar lebih banyak.
Fitur Utama
Wishpond menawarkan alat yang terjangkau untuk pemasaran email, seperti:
- Pembuat halaman dengan templat dan penyesuaian.
- Konten dan promosi yang mudah dirancang.
- Rangkaian rujukan dengan penangkapan prospek, opsi pembuatan, pop-up, dan berbagi tautan.
- Opsi otomatisasi tingkat lanjut.
- Pembuat email, penyesuaian, dan interaksi.
- Alat pengujian A/B.
- API Email untuk pengguna bervolume tinggi.
8. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Otomatisasi: Brevo
Brevo bertujuan untuk membuat pemasaran email lebih mudah dan efisien, menghemat biaya. Brevo menawarkan CRM dan alat pemasaran email yang komprehensif, seperti templat, halaman, dan bahkan integrasi media sosial, semuanya dalam satu tempat.
Fitur Utama
Perangkat lunak pemasaran email Brevo mencakup fitur-fitur berikut:
- Integrasi dengan platform e-dagang.
- Elemen otomatisasi.
- Plugin WordPress dengan peringkat bintang 4,5.
- Sistem CRM gratis.
- Pemasaran melalui email, SMS, dan WhatsApp.
- AI untuk email untuk membuat konten yang lebih baik dan mengirim email pada waktu terbaik.
9. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Saluran Pemasaran: GetResponse
Anda perlu membangun saluran penjualan dan mendapatkan alat pemasaran email sebelum membuat daftar email, dan itulah GetResponse. Anda dapat membuat seluruh saluran penjualan menggunakan perangkat lunak pemasaran email dan bahkan menerapkan fitur obrolan langsung di situs Anda.
Fitur Utama
Dengan GetResponse, Anda akan mendapatkan alat berikut untuk kampanye pemasaran email Anda.
- Otomatisasi yang canggih memungkinkan segmentasi daftar yang terperinci.
- Banyak pilihan pengujian untuk mengetahui apa yang berhasil.
- Pembuat halaman.
- Obrolan langsung, media sosial, dan fitur SEO.
- Asisten penulisan AI untuk email
- Luncurkan kampanye berpendapatan tinggi dengan cepat dengan Generator Kampanye AI.
- Tingkat pengiriman sebesar 99 persen ketika pelanggan menggunakan praktik terbaik pemasaran email dan memelihara hubungan baik dengan entitas terkemuka di industri dalam pemasaran email dan pencegahan spam.
- Berbagai pilihan alat otomatisasi, e-commerce, iklan berbayar, dan masih banyak lagi.
10. Perangkat Lunak Pemasaran Email Terbaik untuk Pembuat Konten: ConvertKit
ConvertKit memiliki antarmuka yang sederhana dan jelas. Situs ini menyediakan ruang kerja penulisan dan desain yang mudah digunakan dan bersih dengan banyak alat untuk pemasaran email dan menarik minat audiens Anda.
Fitur Utama:
- Alat untuk mengotomatiskan pemasaran email.
- Rekomendasi jaringan audiens Anda
- Template yang mudah digunakan.
- Ruang menulis.
- Penyaringan dan penjadwalan email.
- Jalankan kampanye yang tertarget.
- Jual produk digital dan bangun basis pelanggan/pengikut Anda.
Jelas bahwa alat pemasaran email dapat membantu bisnis dalam segala perkembangan. Saat memilih alat yang tepat untuk bisnis Anda, pertimbangkan faktor-faktor seperti kemudahan penggunaan, kualitas fitur otomatisasi, opsi segmentasi tingkat lanjut, integrasi dengan platform lain, kepatuhan terhadap badan regulasi, kemampuan pengujian A/B, dan analitik setiap platform.